Website Resmi Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Barat

Tiga Inovasi Disbunnak Kalbar Terima Sertifikat Pencatatan HAKI

Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Barat menerima Sertifikat Pencatatan Ciptaan Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI) atas tiga inovasi yakni  Manelawan (Manajemen Lalu Lintas Hewan dan Produk Hewan), Sidikh TBS (Sistem Informasi Indeks ‘K’ dan Harga Tandan Buah Segar) dan Siska Membara (Sistem Integrasi Sapi Kelapa Sawit Model Kemitraan Usaha Ternak Berkelanjutan di Kalbar.

Penerimaan pencatatan HAKI terhadap inovasi tersebut dpada momen Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-95 Provinsi Kalbar, Sabtu (28/10/2023) di Halaman Kantor Gubernur Kalbar.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalbar, Heronimus Hero menjelaskan bahwa MANELAWAN hadir sebagai role model untuk pendataan lalu lintas hewan dan produk hewan dengan data yang sudah terstandarisasi dan terintegritas yang bisa diakses di https://sites.google.com/view/mane-lawan-disbunnak/beranda.

Kemudian untuk Sidikh TBS  itu sendiri merupakan media pengumpulan dan pengolahan data dari Perusahaan Kelapa Sawit (PKS) yang digunakan sebagai dasar perhitungan Indeks K dan Harga TBS dan sebagai media penyebarluasan informasi harga TBS kepada Masyarakat yang dapat diakses pada https://disbunnak.kalbarprov.go.id/sidikh.

Selanjutnya, untuk Siska Membara hadir sebagai role model untuk kemitraan usaha yang akan berdampak pada peningkatan kinerja organisasi, produksi dan produktivitas Pekebun/Peternak dan pelaku Usaha Perkebunan dengan pola usaha yang terintegritas dan berkelanjutan yang bisa diakses di https://siska-disbunnak.kalbarprov.go.id/.

"Kami terus memaksimalkan layanan melalui berbagai inovasi. Semoga ini terus menjadi sarana untuk memaksimalkan layanan publik tersebut terutama di bidang perkebunan dan peternakan di Provinsi Kalbar," ucap dia.

October 30, 2023

Dinas Perkebunan dan Peternakan

Website Resmi Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Barat

Jl. M. Hambal No. 3 Pontianak Kalimantan Barat
(0561) 766038
disbunnak@kalbarprov.go.id