Sosialisasi dan Workshop Perlindungan Pekerja Perempuan di Perkebunan Sawit


Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak)  Provinsi Kalbar, Heronimus Hero mendampingi Pj Gubernur Kalbar, Harrison mengikuti kegiatan Sosialisasi dan Workshop Perlindungan Pekerja Perempuan di Perkebunan Sawit di Kalbar.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Cabang Kalbar dan didukung BPDPKS dan ILO tersebut dilaksanakan pada Rabu (28/08/2024) di Hotel Golden Tulip, Pontianak.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Pj. Gubernur Kalbar, Harisson dan memberikan arahan. Pj Gubernu Kalbar meminta pengusaha yang mempekerjakan tenaga kerja perempuan dalam bidang usaha atau perusahaannya hendaknya dalam pemberian tugas atau penempatannya dalam jenis-jenis pekerjaan tertentu selalu memakai pertimbangan-pertimbangan yang sebijaksana mungkin.

"Perlindungan pekerja perempuan sangat penting. Dari mereka lahir generasi emas. Hak - hak perempuan jangan diabaikan," ucap dia.

Sementara itu, Kadisbunnak Kalbar Heronimus mengatakan bahwa data yang ada menunjukkan bahwa perempuan pada keluarga petani kelapa sawit di pedesaan sekitar 89 persen melakukan banyak pekerjaan dalam pengelolaan perkebunan kelapa sawit.

"Hal ini menunjukkan bahwa perempuan memiliki kontribusi besar terhadap pendapatan rumah tangga. Sehingga perlindungan dan pemberian hak mesti menjadi perhatian kita bersama," ucap dia.

28 Agustus 2024