Rapat Koordinasi SIKOMANDAN evaluasi dan optimalisasi reproduksi pangan hewani

Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Provinsi Kalbar menggelar Rapat Koordinasi SIKOMANDAN pada 20 Maret 2023 di Pontianak yang bertujuan untuk evaluasi pelaksanaan optimalisasi reproduksi 2022 dan menyepakati upaya optimalisasi reproduksi pangan hewani 2023.

"Rapat koordinasi ini juga menjadi ajang untuk mengidentifikasi potensi masalah dalam percepatan pelaksanaan kegiatan 2023 merumuskan langkah-langkah percepatan pelaksanaan tahun ini," ujar Kadisbunnak Provinsi Kalbar, Heronimus Hero.

Ia menjelaskan bahwa sektor pangan merupakan sektor paling mendasar dalam tatanan kehidupan masyarakat, oleh karena itu pemerintah wajib bekerja untuk menyediakan pangan bagi setiap warga negara.

"Protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhan sel, salah satunya dipenuhi melalui ketersediaan Pangan Asal Hewan, antara lain daging sapi. Semakin maju suatu bangsa, diukur  dari seberapa tingginya daging hewani yang dikonsumsi oleh masyarakat," ucap dia.
 
Sejak 2015, Kementerian Pertanian melalui Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan telah mengawal program optimalisasi reproduksi melalui GBIB dan dilanjutkan di tahun 2016 dengan program UPSUS SIWAB. Di tahun 2020, UPSUS SIWAB bertransformasi menjadi Program SIKOMANDAN, yang bertujuan mengintegrasikan seluruh fungsi peningkatan produksi ternak dari hulu hingga Hilir.

"Berkembangnya penyakit Mulut dan Kuku di tahun 2022, teralokasi kegiatan penandaan dan pendataan ternak, yang akhirnya di tahun 2023 ini, kegiatan tersebut juga telah disinergikan dengan program SIKOMANDAN," papar dia.

Mencermati dinamika strategi tingkat nasional, maka dirasakan perlu Kembali dilakukan koordinasi pada masing-masing provinsi, untuk memastikan bahwa pelaksanaan SIKOMANDAN dapat berjalan seragam baik di tingkat nasional maupun daerah.

"Untuk itu lah rapat koordinasi ini digelar. Saya berharap agar mengikuti semua agenda pertemuan dengan serius, berperan aktif memberikan masukan sehingga diakhir pertemuan menghasilkan rumusan yang dapat ditindaklanjuti dan menjadi solusi permasalahan," katanya.

30 Maret 2023