Website Resmi Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Barat

Peran POPT mewujudkan kebun kelapa sawit lestari dan terlindungi

Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kalbar menggelar rapat koordinasi petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuham (POPT) Wilayah Kerja BPTP Pontianak, 16-18 November 2023.

Kepala Disbunnak Kalbar, Heronimus Hero mengatakan rapat koordinasi petugas POPT Wilayah Kerja BPTP Pontianak Tahun Anggaran 2023 sangat strategis dalam menjaga resiliensi perkebunan khususnya dalam rangka mewujudkan kebun kelapa sawit lestari dan terlindungi.

Ia menjelaskan bahwa kelapa sawit berkelanjutan baik untuk bumi ini, untuk manusia dan untuk spesies yang dilindungi.  Tetapi ketika ditanam secara tidak berkelanjutan, minyak sawit dapat merusak hutan dan membahayakan masyarakat dan satwa liar.  

"Masalah yang sering dihadapi petani dalam pengelolaan usaha sawit adalah kurangnya pengetahuan dalam hal teknis budidaya, perawatan tanaman serta penggunaan jumlah sarana produksi yang tepat dan optimal," kata dia.

Untuk itu lah, petugas POPT dan petugas perkebunan mengambil peran dalam rangka menjawab tantangan mewujudkan perkebun kelapa sawit yang berkelanjutan melalui pertemuan rapat koordinasi.

Resiliensi perkebunan memang harus terus dijaga agar tetap berkontribusi signifikan dalam perekonomian bangsa dan daerah. Salah satu caranya adalah dengan memberi penguatan terhadap peran perlindungan tanaman sebagaimana diketahui bahwa serangan OPT dapat menyebabkan kehilangan hasil produksi perkebunan yang signifikan.

"Sebagai contoh serangan Ganoderma 10 pohon/hektar atau 7 persen untuk kebun seluas 10.000 Ha kerugiannya bisa mencapai Rp30 miliar/tahun. Jika kejadian seperti ini terjadi dan dibiarkan maka tentu akan mengancam resiliensi perkebunan," jelas dia.

November 19, 2023

Dinas Perkebunan dan Peternakan

Website Resmi Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Barat

Jl. M. Hambal No. 3 Pontianak Kalimantan Barat
(0561) 766038
disbunnak@kalbarprov.go.id