Pendampingan Pengendalian Penyakit Gugur Daun Karet di Sekadau


Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Provinsi Kalbar melaksanakan kelanjutan dari kegiatan fasilitasi pengendalian Organisme Penganggu Tanaman (OPT) tanaman karet khususnya penyakit gugur daun karet pada Kelompok Tani Longkam Jaya dan Senara Jaya Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Rabu (28/8/2024).

Dalam kegiatan tersebut dilakukan simulasi pengendalian penyakit gugur daun karet dengan teknik fogging pada satu kebun karet anggota kelompok tani di Desa Sungai Ringin tersebut.

"Pendampingan pengendalian penyakit gugur daun karet bertujuan agar kelompok tani selaku pelaksana kegiatan dapat melakukan pengendalian penyakit gugur daun karet sesuai dengan pedoman secara mandiri," ujar POPT Pertama, Disbunnak Kalbar, Edi Nofiardi, SP.

Kegiatan simulasi pengendalian penyakit gugur daun karet ini juga difasilitasi oleh Brigade Proteksi Tanaman Perkebunan BPTP Pontianak melalui memberikan peminjaman alat fogging beserta perlengkapannya dan alat pelindung diri seperti masker dan sarung tangan.

Kemudian dalam mengaplikasikan bahan dan alat pengendalian penyakit gugur daun karet diberikan oleh Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalbar melalui kegiatan pengendalian OPT Tanaman karet tahun anggaran 2024 berupa fungisida dengan bahan aktif hexakonazol, pupuk NPK dan Hand Sprayer.

Kegiatan pendampingan ini dihadiri oleh Tim Brigade Proteksi Tanaman Perkebunan BPTP Pontianak selaku fasilitator, Perwakilan Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kabar, Perwakilan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sekadau, PPL Wilayah Kerja Desa Sungai Ringin Kecamatan Sekadau Hilir, dan Mahasiswa Agroteknologi Institut Teknologi Keling Kumang Sekadau serta kelompok tani Senara Jaya dan Longkam Jaya.

28 Agustus 2024