Pembangunan pabrik minyak merah di Provinsi lbar


Pembangunan pabrik minyak merah di Kalbar hadir. Hal itu seperti di Desa Palem Jaya, Kecamatan Parindu, Kabupaten Sanggau dan di Desa Gonis Tekam, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau yang ditandai dengan peletakan batu pertama pada Jumat, 4 Oktober 2024.

Pabrik minyak makan merah dikelola oleh Koperasi Anugerah Bumi Hijau (Koprabhu) yang beranggotakan 1.763 orang dengan luas lahan lebih dari 2.000 ha.

Sedangkan di Sekadau akan dikelola Koperasi Produsen Keling Kumang. Anggota ASPK Keling Kumang berjumlah sekitar 1.700 orang dan dengan luas Tanaman lebih 2.000 ha. Jumlah produksi per tahunnya mencapai lebih dari 39.000 ton TBS sawit. Peletakan batu pertama pada Sabtu, 5 Oktober 2024.

Peletakan batu pertama pabrik minyak merah di Kalbar tersebut dilakukan oleh Menteri Koperasi dan UMKM RI yang diwakili oleh Deputi Bidang Perkoperasian, Ahmad Zabadi. Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalbar, Heronimus Hero turut hadir menyaksikan peletakan batu pertama di dua pabrik tersebut.

"Dengan peletakan batu pertama pembangunan pabrik minyak merah sebagai tanda dimulainya proses pembangunan," ujar Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalbar, Heronimus Hero.

Ia berharap dengan pabrik minyak merah tersebut program hilirisasi sawit di Kalbar semakin berkembang.

"Kemudian bisa mendorong tersediannya minyak goreng berkualitas yang lebih mudah dan kompetitif di pasar," jelas dia.


05 October 2024