Pelatihan dan Pengembangan SDMPKS bagi Pekebun Kabupaten Bengkayang


Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Provinsi Kalbar, Heronimus Hero membuka Pelatihan Teknis Budidaya Kelapa Sawit dan Pelatihan ISPO Pekebun dengan Dukungan Pendanaan Kegiatan Penyaluran Dana Pengembangan  Sumber Daya Manusia Perkebunan Kelapa Sawit (SDMPKS) Tahun 2024.

Kegiatan diselenggarakan oleh LPP Agro Nusantara di Hotel Harris Pontianak, Senin (05/08/2024).

"Kegiatan ini merupakan implementasi dari hasil identifikasi kebutuhan pelatihan yang dilaksanakan tahun sebelumnya yaitu pelatihan teknis budidaya kelapa sawit dan pelatihan ISPO pekebun," ujar Kadisbunnak Kalbar, Heronimus Hero.

Dengan adanya kegiatan tersebut, ia berharap selain dapat meningkatkan produktivitas kebun juga mewujudkan sertifikasi ISPO bagi pekebun swadaya.

"Peserta dari pelatihan ini adalah pekebun swadaya di Kabupaten Bengkayang yang sudah mengikuti kegiatan Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) sebanyak 60 orang selama 6 hari dimulai 5 Agustus sampai dengan 10 Agustus 2024," jelas dia.

Dalam kegiatan tersebut hadir Dede Yudo Kurniawan, SP., M. Si (Tim Pelatihan LPP Agro Nusantara), Eva Lizarmi, SP (Tim Sekretariat Pengembangan SDMPKS Ditjenbun) dan Dr. Yulianus, S. Hut., M. Si (Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bengkayang).


05 Agustus 2024