Website Resmi Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Barat

Monitor Peternak Layer di Kota Singkawang

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalbar, Heronimus Hero melakukan monitor peternal layer di Kota Singkawang, Senin (16/10/2023).

Monitor tersebut dilakukan pada CV. Sumber Protein. Perusahaan tersebut memiliki  kapasitas produksi sekitar 108 ribu telur per hari dari populasi layer sekitar 110 ribu ekor.

"Hadirnya CV. Sumber Protein menjadi salah satu sumber produksi telur di Kalbar yang menjaga stabilitas pasokan dan ketersediaan telur di Kalbar," ujarnya.

Ketersediaan telur menjadi penting bagi daerah karena telur ayam menjadi sumber dari asam amino, kolin, dan omega-3. Telur dengan kandungan nutrisi dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan saraf serta jaringan otak, terutama pada anak. Maka dari itu, anak-anak memang disarankan untuk mengkonsumsi telur sebagai lauk, asal tidak boleh berlebihan.

Satu butir telur ayam mengandung sekitar 7 gram protein. Kandungan vitamin A, D dan E terdapat dalam kuning telur. Telur memang dikenal menjadi salah satu dari sedikit makanan yang mengandung vitamin D. Satu kuning telur besar mengandung sekitar 60 kalori dan putih telur mengandung sekitar 15 kalori.

October 20, 2023

Dinas Perkebunan dan Peternakan

Website Resmi Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Barat

Jl. M. Hambal No. 3 Pontianak Kalimantan Barat
(0561) 766038
disbunnak@kalbarprov.go.id