Kadisbunnak monitoring kesiapsiagaan cegah karhutlabun di perusahaan sawit

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Kadisbunnak) Provinsi Kalbar, Heronimus Hero melakukan monitoring dan evaluasi (monev) kesiapsiagaan sarana prasarana pencegahan dan penanganan kebakaran lahan dan kebun di wilayah konsesi PT. Peniti Sungai Purun pada 25 Juni 2024.

Pelaksanaan monev berdasarkan Permentan Nomor 05 Tahun 2018 tentang Pembukaan dan/atau Pengolahan Lahan Perkebunan Tanpa Membakar. 

Dalam kegiatan  monev tersebut juga didampingi Kabid Prasarana Sarana Perlindungan dan Kabid Perkebunan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Mempawah beserta tim.

Dalam kesempatan itu, Kadisbunnak menyampaikan hal-hal yang bersifat pembinaan kepada pihak perusahaan. Hal itu seperti mengingatkan untuk melengkapi sarana prasarana kebakaran berdasarkan Permentan nomor 05 Tahun 2018 tentang Pembukaan dan/atau Pengolahan Lahan Perkebunan Tanpa Membakar dan wajib menyampaikan laporan per semester kepada Disbunak Provisi Kalbar.

"Kita minta juga kepada perusahaan agar melengkapi data melalui aplikasi Sistem Informasi Perizinan Perkebunan (Siperibun) dan menyelesaikan setiap permasalahan yang ada di perusahaan baik yang bersifat teknis maupun sosial," kata dia.

Dalam kegiatan monev di antara agendanya kunjungan pada sarana prasarana kebakaran seperti sarana transportasi, gudang peralatan, menara api dan embung.

 
25 Juni 2024