Kadisbunak wakili Gubernur Kalbar hadiri peresmian Kebun Raya Sambas

Gubernur Kalbar yang diwakili Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalbar, Heronimus Hero, S.P., M.Si., hadir menyaksikan peresmian Kebun Raya Sambas yang dilaksanakan pada Senin 14 Agustus 2023 oleh Pemkab Sambas dan Badan Riset dan Inovasi Nasional RI (BRIN).

Peresmian yang diiringi dengan pemukulan Gong dan tahar tersebut menandai kawasan Kebun Raya Sambas terbuka untuk dikunjungi masyarakat umum.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Prov Kalbar turut melakukan penanaman pohon Kayu Ulin (Eusideroxylon zwageri) atau disebut juga kayu besi/kayu Belian sebagai tanda launching kebun raya sambas sekaligus upaya pelestarian lingkungan di area Kebun Raya Sambas.

Selain itu turut disampaikan juga Penghargaan kepada 13 Perusahaan Perkebunan Sawit yang telah berkontribusi dan berkolaborasi bersama Pemkab Sambas memperbaiki jalan menuju Kebun Raya Sambas.


Hal ini merupakan bagian dari CSR / Tanggung Jawab Sosial dan Bina Lingkungan (TJSBL) pihak perusahaan perkebunan yang berada di Kabupaten Sambas utk turut ambil bagian berpartisipasi dlm pembangunan Kebun Raya Sambas.

Untuk Kabupaten Sambas sendiri, terdapat 30 Perusahaan Perkebunan Sawit dimana 13 diantaranya berada di Kec. Subah yang wilayahnya berada di sekitar area Kebun Raya Sambas.


Luas keseluruhan perusahaan perkebunan sawit di Kab. Sambas yang memiliki izin usaha perkebunan (IUP) adalah 177.002,36 Ha dengan total Penanaman 75.911,33 Ha.

Sebagai informasi Kebun Raya Sambas berlokasi di Desa Sabung, Kecamatan Subah, Kabupaten Sambas dan memiliki areal seluas 184,5 Ha tersebut adalah Konservasi ex situ Tumbuhan Riparian atau tumbuhan pasang surut air sungai alami pertama di Indonesia.

Di kawasan ini tercatat berisi 493 Nomor Koleksi (specimen) dengan 23 Vak yang merupakan areal petak koleksi yang membatasi areal satu dengan yang lainnya.

Kebun Raya Sambas yang dirintis sejak tahun 2002 dan mulai melakukan pembangunannya tahun 2008. Pembangunan ini dimulai dari penandatanganan MoU, Analisis Vegetasi, Pembuatan Masterplan, Sarana dan Prasarana serta Pengelolaan Koleksi.

14 Agustus 2023