Website Resmi Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Barat

Gubernur Kalbar kembali percayakan Heronimus Hero, SP. M.Si jabat Kadisbunak

Gubernur Kalbar, Sutarmijdi, SH. M.Hum kembali merotasi pimpinan OPD di lingkungan Provinsi Kalbar. Sejumlah kepala OPD berubah di antaranya Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Provinsi Kalbar. Sebelumnya Kadisbunnak Kalbar dipimpin Ir. Munsif M.Si dan dan kini dipercayakan dengan Heronimus Hero, SP. M.Si.

Sosok Heronimus Hero sebenarnya suadah tidak asing lagi di lingkungan Disbunnnak Kalbar, pasalnya sebelum menjabat Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar, sempat memimpin Disbunnak Kalbar atau dulu masih dengan nama OPD, Dinas Perkebunan Provinsi Kalbar.

Pelantikan Kadisbunnak Provinsi Kalbar dan sejumlah OPD lainnya dilakukan di Balai Petiti Kantor Gubernur Kalbar, 3 Januari 2023. Sedangkan untuk serah terima jabatan (sertijab) di lingkungan Disbunnak Kalbar digelar pada 5 Januari 2023.

Dalam kesempatan sertijab itu, Kadisbunnak Provinsi Kalbar, Heronimus Hero menyampaikan sejumlah isu strategis yang perlu diberikan solusi atau dikerjakan sebagaimana amanat gubernur saat pelantikan jabatan yang diembannya.

"Ada tiga pesan utama Bapak Gubernur Kalbar dan hal itu berkaitan memaksimalkan perusahaan sawit bagi pembangunan daerah," kata dia.

Ia menjelaskan ketiga hal yang akan didorong untuk perusahaan sawit di Kalbar yakni berkaitan dalam perbaikan jalan provinsi yang berada atau dilalui perusahaan sawit dalam menunjang bisnisnya.

"Sinergi dan kolaborasi yang selama ini telah dibangun dalam memperbaiki jalan terus didorong untuk dimaksimalkan," papar dia.

Selain berkaitan jalan hal yang menjadi sorotan juga berkaitan peningkatan pendapatan asli daerah melalui pajak air permukaan. Optimalisasi pajak air permukaan di pabrik kelapa sawit terus dimaksimalkan.

"Setelah pajak air permukaan, tanggungjawab sosial atau CSR perkebunan juga terus dikawal dan dimaksimalkan. Sehingga CSR yang diberikan perusahaan terlapor ke pemerintah daerah dan tepat sasaran. Tiga hal itu menjadi perhatian," ucap dia.

Ia menambahkan di luar sektor perkebunan, sektor peternakan juga menjadi perhatiannya agar produksi bisa memenuhi kebutuhan masyarakat di Kalbar. Menurutnya sejauh ini daging ayam ras saja terpenuhi. Sedangkan untuk sapi, babi dan lainnya mesti harus ditingkatkan.

"Kolaborasi dan dukungan semua pihak penting untuk meningkatkan produksi peternakan di Kalbar.Memenuhi kebutuhan masyarakat menjadi target. Apalagi pada momen hari keagamaan kebutuhan meningkat," ucap dia.

January 13, 2023

Dinas Perkebunan dan Peternakan

Website Resmi Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Barat

Jl. M. Hambal No. 3 Pontianak Kalimantan Barat
(0561) 766038
disbunnak@kalbarprov.go.id