Website Resmi Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Barat

Disbunnak Kalbar lakukan pertemuan mitigasi kebakaran lahan dan kebun

Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Provinsi Kalbar melakukan pertemuan mitigasi kebakaran lahan dan kebun di Provinsi, Senin 26 Februari 2024.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalbar, Ignasius IK. Dalam kesempatan itu ia berharap melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan sinergi dan kewaspadaan secara bersama. 

Sinergi itu mulai dari Disbunnak provinsi, dinas yang membidangi perkebunan kabupaten/kota, Kepolisian Daerah Kalbar, Kodam XII Tanjungpura, pihak perusahaan perkebunan hingga seluruh stakeholder terkait dalam pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan, lahan dan kebun. 

"Menghadapi musim kering kedepannya, saya mengajak saudara sekalian untuk fokus pada upaya pencegahan dengan terus memperbaiki dan mempersiapkan sumber daya manusia dan peralatan pengendalian kebakaran pada lahan perkebunan," kata dia.

Sementara itu, Kepala Disbunnak Provinsi Kalbar, Heronimus Hero mengatakan tujuan pertemuan untuk memperkuat sinergitas masing-masing sektor sesuai dengan tupoksi dalam melakukan upaya pencegahan dan pengendalian kebakaran pada lahan dan kebun di masyarakat maupun korporasi.

"Kemudian melalui ini juga dapat mengetahui kebijakan dan strategi pencegahan karhutla serta upaya antisipasi dan penanganan bencana asap di Kalimantan Barat dan mengetahui prakiraan cuaca sebagai bentuk mitigasi dan antisipasi fenomena  El Nino di Kalbar," kata dia.

Ia menghimbau kepada perusahaan untuk dapat melengkapi sarana prasarana pencegahan dan pengendalian kebakaran dan tim/regu serta peran serta semua pihak untuk melakukan mitigasi sehingga kebakaran lahan dan kebun bisa dicegah sejak awal.

"Kami terus mengingatkan dan menghimbau kepada perusahaan untuk melengkapi sarana dan prasarana pencegahan dan pengendalian kebakaran," ucapnya.

Adapun peserta pertemuan mitigasi kebakaran lahan dan kebun terdiri dari unsur dinas kabupaten yang membidangi perkebunan se-Kalbar, perwakilan grup perusahaan perkebunan kelapa sawit se-Kalbar, Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Kalbar dan  GAPKI Cabang Kalbar.

 
March 21, 2024

Dinas Perkebunan dan Peternakan

Website Resmi Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Barat

Jl. M. Hambal No. 3 Pontianak Kalimantan Barat
(0561) 766038
disbunnak@kalbarprov.go.id