Website Resmi Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Barat

Disbunnak Kalbar gelar Bimtek Produsen Benih

Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalbar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) produsen benih 31 Oktober - 1 November 2023 dalam rangka peningkatkan wawasan, kapasitas dan kualitas produsen/penangkar benih, kelompok pekebun komoditi kopi, pelaku usaha yang bergerak di bidang benih tanaman perkebunan.

"Tujuan kegiatan adalah adalah meningkatkan wawasan, kapasitas dan kualitas produsen/penangkar benih, kelompok pekebun komoditi kopi, pelaku usaha yang bergerak dibidang benih tanaman perkebunan serta pendamping dari dinas yang membidangi perkebunan di kabupaten/kota dalam mengembangkan perbenihan komoditi perkebunan di Provinsi Kalbar," ujar Kepala Bidang Prasarana, Sarana dan Perlindungan Perkebunan Disbunnak Prov. Kalbar Erita Fitriani di Pontianak, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa upaya peningkatan produksi dan produktifitas tanaman perkebunan salah satunya diawali dengan penggunaan benih bermutu. Hal itu ditandai bahwa benih tersebut telah mendapatkan sertifikasi,  yang didukung dengan penggunaan sarana produksi yang tepat sesuai rekomendasi dan penerapan sistem manajemen usaha tani yang sesuai.

Penggunaan benih ilegal yang masih banyak dilakukan oleh masyarakat/pekebun serta ketersediaan benih bermutu masih belum memenuhi keperluan dalam upaya pengembangan komoditi perkebunan di Provinsi Kalbar menjadi permasalahan perbenihan komoditi perkebunan di Provinsi Kalbar.

"Berdasarkan hal-hal tersebut di atas  perlu dilakukan Bimbingan Teknis kepada produsen/penangkar benih untuk lebih meningkatkan kapasitas dan kualitas dalam menghasilkan benih bermutu sehingga dapat memenuhi kebutuhan akan benih dimaksud. Selain memberikan informasi sehubungan dengan benih bermutu, pada bimbingan teknis juga akan diberikan informasi terkait agribisnis komoditi kopi dalam rangka memberikan dan meningkatkan wawasan terkait hulu hilir komoditi kopi berdasarkan inovasi teknologi terbaru," jelas dia.

Dalam kegiatan tersebut peserta berjumlah 40 Orang yang berasal dari produsen benih, dinas kabupaten yang membidangi perkebunan se- Kalbar, Disbunnak Kalbar, Kelompok Pekebun Kopi di Sambas, Kubu Raya, Sekadau.

November 3, 2023

Dinas Perkebunan dan Peternakan

Website Resmi Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Barat

Jl. M. Hambal No. 3 Pontianak Kalimantan Barat
(0561) 766038
disbunnak@kalbarprov.go.id