Disbunnak Kalbar dampingi dua produk hilirisasi perkebunan di Bunex 2023

Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalbar mendampingi dua produk hilirisasi perkebunan yakni lada bubuk dengan merek Lada Batu Layar dari Kabupaten Sambas dan Kopi Jago Jalanan (Kojal), Kopi Liberika Kayong Utara dalam Bunex Perkebunan Indonesia Expo di ICE BDS Tangerang, 7 - 9 September 2023.

Kepala Bidang Penyuluhan, Pengolahan, Pemasaran dan Pembinaan Usaha Perkebunan Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalbar Hendarto mengatakan bahwa mengikutsertakan pelaku usaha tersebut untuk mendorong masyarakat lebih mengembangkan komoditinya dan mengenalkan produk unggulan Kalbar.

Menurutnya dengan mengikuti Bunex Perkebunan Indonesia Expo juga untuk menunjang produk hilirisasi perkebunan di Kalbar.

"Hilirisasi produk ini terus didorong dan dukung agar memberikan dampak luas terhadap nilai tambah yang didapatkan petani atau daerah, " jelas dia.

Ia menyebutkan dalam kegiatan yang dibuka oleh Mentan RI Syahrul Yasin Limpo dan diikuti oleh lebih dari 100 pelaku usaha perkebunan dari seluruh Indonesia lebih memperkenalkan dan mengangkat produk-produk perkebunan.

Sementara itu, Ketua Koperasi Srikandi Jaya Sambas yang Juliasnyah mengatakan sebagai produsen lada bubuk Batu Layar bersyukur bisa berpartisipasi adalah suatu kesempatan yang luar biasa. Dalam pameran menghadirkan Lada bubuk hitam dan putih, sambal hitam khas Sambas dan lada bulat premium.

"Kegiatan ini membuat kami semangat dan membawa ide-ide baru, solusi inovatif dan semangat kolaborasi untuk mendorong perkebunan yang berkelanjutan. Termasuk hilirisasi produk sebagaimana semangat kami gali potensi desa dengan hilirisasi untuk nilai tambah, " kata dia.

Sementara itu, Pemilik Kopi Jago Jalanan (Kojal) Gusti Iwan Darmawan menjelaskan bahwa dengan mengikuti Bunex untuk lebih mengenalkan lagi kopi liberika yang sangat cocok tumbuh di Kalbar.

"Kami mengenalkan citra rasa dan keunikan liberika Kayong Utara. Liberika Kayong Utara ini berbeda dengan daerah lainnya yang beraroma nangka, kami di sini aroma cempedak, " kata dia.

13 September 2023