Website Resmi Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Barat

Disbunak Kalbar menyambut baik program Bikopra ASPEKPIR

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalbar, Heronimus Hero menyambut baik program Bangun Industri Koperasi Rakyat Sejahtera (Bikopra) yang dihadirkan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Perkebunan Inti Rakyat (ASPEKPIR).

"Kami sangat menyambut baik program Bikopra. Hal tersebut dapat mendukung dalam peningkatan nilai tambah ekonomi petani," ujarnya mewakili Gubernur Kalbar saat membuka Bimtek UMKM Program Bangun Industri Koperasi Rakyat Sejahtera (Bikopra) yang digelar Asosisasi Petani Kelapa Sawit Perkebunan Inti Rakyat (ASPEKPIR) Indonesia dengan BPDPKS di Hotel Mahkota Pontianak, Senin, 19 - 20 Februari 2023. 

Ia menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Kalbar sangat berkomitmen mengoptimalkan tata kelola industri sawit untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

"Nah, adanya program ini sangat baik dan kami sangat dukung. Saat ini luas kebun sawit di Kalbar yang tertanam sudah tembus 2 juta hektare. Dari luas sawit tersebut tersebut produksi sudah mencapai 6 juta ton," kata dia.

Sementara itu, ASPEKPIR terus menggencarkan Program Bikopra di Indonesia termasuk di Kalbar dalam rangka  mewujudkan tata sawit berkelanjutan sebagai sumber kesejahteraan masyarakat.

"Untuk menggencarkan program tersebut bentuknya kami menghadirkan Bimtek UMKM Bikopra pada 20 - 22 Februari 2023 di Kalbar yang didukung Badan Pengelola Dana Kelapa Sawit (BPDPKS)," ujar Ketua Umum ASPEKPIR, Setiyono.

Ia menjelaskan program Bikopra yang digagas ASPEKPIR sebagai upaya melihat potensi daerah dalam pengembangan UMKM mengingat kebun sawit di Indonesia yang luas.

"Potensi pengembangan UMKM Bikopra sangat penting mengingat daerah memiliki petani plasma dan anggota ASPEKPIR dengan luas kebun yang luas," papar dia.

Ia mengatakan dari hulu hingga hilir dari tanaman sawit bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal. Ia mencontohkan limbah sawit untuk pakan ternak. Sehingga hal itu bisa memberikan nilai tambah bagi petani.

"Program bisa membangkitkan pengelolaan limbah sawit sekitar kebun untuk ternak bisa memenuhi kebutuhan daging. Dengan begitu juga membuka lapangan kerja baru. Dengan contoh yang ada tersebut bisa menjadi bagian dari ujung tombak dalam membantu pemerintah untuk memenuhi kebutuhan daging," jelas dia.

March 1, 2023

Dinas Perkebunan dan Peternakan

Website Resmi Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Barat

Jl. M. Hambal No. 3 Pontianak Kalimantan Barat
(0561) 766038
disbunnak@kalbarprov.go.id