Website Resmi Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Barat

Disbunak berikan Bimtek pengelolaan pada penggembalaan

Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi (Disbunnak) memberikan Bimbingan Teknis (Teknis) pengelolaan pada penggembalaan selama dua hari yakni 10 -11 Maret 2023 yang menyasar Kelompok Kolam Semut, Desa Simpang Empat, Kecamatan Tangaran, Kabupaten Sambas.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bimbingan perbaikan manajemen ternak sapi yang dikembangbiakkan secara ekstensif di padang penggembalaan," ujar Kabid Peternakan, Disbunnak Kalbar, Novita Salim.

Ia menjelaskan bahwa lokasi penggembalaan tersebut dimulai sejak 2007 dan saat ini memerlukan upaya perbaikan kualitas genetik ternak dengan beberapa pendekatan di antaranya penggantian pejantan, penataan HPT berkualitas, penataan koloni ternak dan kelembagaan.

"Dari kegiatan Bimtek, Disbunnak Provinsi Kalbar dan Dinas Perikanan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sambas, secara bertahap akan melakukan pendampingan dan penguatan agar kegiatan kelompok berkelanjutan karena lokasi memiliki vegetasi pastura yang baik serupa dengan NTT dan NTB yang merupakan provinsi sumber ternak sapi potong nasional," papar dia.

Dengan berkembangnya pembiakan sapi di lokasi Kelompok Kolam Semut diharapkan akan memperkaya potensi model peternakan sapi di Kalbar

March 30, 2023

Dinas Perkebunan dan Peternakan

Website Resmi Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Barat

Jl. M. Hambal No. 3 Pontianak Kalimantan Barat
(0561) 766038
disbunnak@kalbarprov.go.id